Rencana Pengembangan Pendataan EMIS 2017/2018

Assalamu`alaikum.....
Sahabat ,

Sedikit hari lagi kita akan kembali disibukan dengan Pendataan EMIS semester ganjil Tapel 2017/2018.
Namun perlu kami sampaikan sedikit informasi bahwa sebelum Aplikasi rilis dan Pendataan EMIS 2017/2018 dimulai, terlebih dahulu semua akun lembaga akan dinonaktifkan termasuk akun kab./kota jg ikut dinonaktifkan.
Selanjutnya admin kab./kota melakukan konfirmasi email, dan diaktifkan ulang oleh kanwil.
Setelah admin kab/kota aktif, giliran lembaga/madrasah melakukan konfirmasi dan diaktifkan kab./kota.
Ini utk menjaga akun ganda, sebab banyak lembaga yg adminnya sudah pindah, ada juga kasus 1 lembaga 2 adminnya, utk itu solusinya harus konfirmasi ulang, agar tdk membebani server.


Selain itu ada juga beberapa tambahan dan perubahan dalam proses Pendataan kali ini, perubahan tersebut adalah hasil dari evaluasi pendataan EMIS sebelumnya dan hasil Pengembangan dari Team Pengembang Emis Pusat.
Antara lain rencana tambahan dan perubahan yg akan muncul adalah sebagai berikut;
1. Emis ganjil 2017/2018 tidak pakai format excel lagi namun pola seperti aplikasi raport, database referensi hasil data genap 1617 diambil secara online lalu direstore ke aplikasi dekstop, lembaga cukup mengganti status siswa naik kelas atau tidak, lulus atau tidak serta mutasi.
Selanjutnya menginput siswa baru saja. selain itu juga melengkapi data lalu, yg sekiranya tidak di isi secara lengkap.
2. Bagi MI yg mendapat siswa baru dari TK, agar dicroscek lagi terkait NISN, karena info bahwa di TK sudah diterbitkan NISN agar tidak lagi diusulkan pada jenjang MI.
3. Mohon dicek lagi terkait NISN dan NISM siswa. jika ada kesalahan agar segera diperbaiki di semester ini, karena pola pendataan kedepan sudah tidak bisa diperbaiki lagi karena sistem database referensi online berbasis pendataan sebelumya
4. Mohon untuk mengecek dgn teliti tingkatan kelas siswa karena kedepannya tidak input lagi, tugas kita hanya menetapkan status naik kelas atau tidak, karena sering terjadi salah penempatan kelas dan jenis kelamin
5. Kedepannya emis akan online real time sehingga saat ada perubahan, lembaga langsung merubahnya dan otomatis perbaharui di server kanwil dan pusat.
Aplikasi emis juga akan terintegrasi dengan aplikasi raport sehingga lembaga akan langsung menginput absen dan semua nilai siswa dan pas akhir semester madrasah juga langsung mencetak raport siswa untuk dibagikan ke siswa
6. Nantinya di aplikasi emis akan ada output berita acara yg digunakan untuk pencairan dana BOS tiap semester, jadi jumlah siswa di EMIS menjadi patokan pencairan dana BOS dan lembaga yg tidak selesaikan emis maka tidak bisa mencairkan dana bos
7. Aplikasi emis juga akan dikembangkan seperti Dapodik yg seluruh pendataan terintegrasi dalam satu aplikasi yg tentunya butuh waktu.

Beberapa waktu lalu Team Emis Pusat telah melakukan Sosialisasi Rencana Pengembangan Emis Tahun 2017/2018, yang mana isi materi sosialisasi yg disampaikan oleh Bapak Denny Triantomo S selaku Team pengembang, antara lain sebagai berikut;



Untuk file lengkap Materi Sosialisasi Rencana Pengembangan EMIS tersebut ada empat bagian dan dapat anda unduh pada link yg kami sediakan dibawah.

Materi 1. Teknis Pendataan Madrasah 2017/2018

Materi 2. Teknis Pendataan PD Potren 2017/2018

Materi 3. Teknis Pendataan PAI 2017/2018


Materi 4. Evaluasi Paparan Data Emis 2016/2017


Silakan di unduh dan dicermati untuk mengetahui apa saja yg akan mengalami perubahan dan yg perlu dipersiapkan sebelum Aplikasi dan jadwal pendataan dirilis, yang Insayaallah akan rilis dalam waktu dekat ini.

Demikian sedikit informasi tentang Rencana Pengembangan Pendataan EMIS tahun 2017/2017 yang dapat kami berikan.
Semoga bermanfaat.

Sumber https://madrasah-untuknegeri.blogspot.com/

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Rencana Pengembangan Pendataan EMIS 2017/2018"

Posting Komentar